Rabu, 29 Agustus 2012

Cara Merawat Bahan Rajut

Busana berbahan rajut adalah salah satu senjata paling ampuh untuk menghalau dingin.Sayang, perawatannya tidak mudah, salah langkah bisa membuat rajut kesayangan Anda tak berumur panjang. Jangan hanya bisa memakainya saja, intip cara merawatnya, yuk!

Mesin cuci bisa menjadi sangat tidak ramah pada bahan rajutan Anda, karena itu sebaiknya lupakan ide mencuci rajutan dengan mesin cuci, ya!
Kalaupun Anda benar-benar terpaksa menggunakannya, cucilah dengan putaran yang lambat. Sebaiknya Anda menjemur rajutan dengan cara menghamparkannya di permukaan datar agar bentuk rajutan tetap terjaga. Kalau Anda tidak mempunyai lahan yang cukup, Anda bisa menggantungnya asalkan jangan menjepitnya dengan jepitan jemuran karena akan meninggalkan bekas.

Bahan rajut sebaiknya tidak disetrika karena akan merusak tekstur kain. Meski begitu Anda bisa menggunakan steam atau setrika uap yang lebih aman.

Anda bisa mengembalikan bentuk busana rajutan Anda seperti semula dengan cara membentuknya dalam keadaan basah. Setelah mencuci, letakkan busana Anda di atas handuk besar di permukaan datar dan kemudian perbaiki kembali bagian-bagian yang berubah bentuk. Setelah itu dalam posisi terhampar seperti itu, keringkanlah selama 24 jam.

Simpan busana rajut dalam keadaan terlipat. Hindari menggantung busana rajut karena akan merusak bagian bahu.

Ini Cara yang Benar

Cara mencuci: masukkan busana bahan rajutan dalam air dingin. Kucek lembut rajutan di dalam air. Jangan memeras atau menyikatnya. Buang air dan ganti dengan air dingin yang baru. Gunakan cairan pencuci pakaian bayi atau detergen lembut lainnya yang tidak merusak pakaian. Bilas hingga bersih.

Cara mengeringkan: letakkan busana rajut di atas handuk besar yang ditaruh di atas permukaan datar. Sebaiknya handuk bisa menyerap dengan baik. Setelah itu tekan budana rajut di atas handuk dan kemudian gulung handung untuk mengeringkannya.

Tipe Bahan

Wol tipe superwash (memiliki serat benang yang banyak) bisa dicuci dengan tangan atau mesin yang diputar dengan putaran lembut.

Wol biasa harus dicuci dengan tangan di air dingin.

Katun, linen, dan rami bisa dicuci dengan mesin cuci dengan putaran lembut. Bahan ini bisa dicuci dengan air hangat atau dingin.

Akrilik dan bahan yang terbuat dari benang sintetis bisa dicuci dan dikeringkan dengan cara biasa.

Bahan mengandung fiber harus dicuci di air dingin dan dikeringkan dengan cara dihamparkan di permukaan datar.

Sumber: Tabloid Nova